Jambore PKK Kabupaten Padang Pariaman Tahun 2016 Berlangsung Meriah

Sungai Limau (30/05/2016). "Jambore PKK merupakan salah satu kegiatan yang menjadi prioritas dari seluruh rangkaian kegiatan PKK, tujuannya untuk merekatkan kebersamaan antar kader dan memperoleh kader-kader terbaik yang mampu mengamalkan 10 Program Pokok PKK, baik untuk keluarga maupun lingkungan hidupnya, serta berprestasi baik di dalam rumah maupun di luar rumah, termasuk dunia kerja," kata Ketua Dharma Wanita Provinsi Sumatera Barat, Anita Ali Asmar mewakili Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat ketika membuka kegiatan Jombore PKK Kab. Padang Pariaman.
Jambore PKK tingkat Kabupaten Padang Pariaman diselenggarakan di Kamumuan, Nagari Koto Tinggi Kuranji Hilir, Kecamatan Sungai Limau, Kab. Padang Pariaman 29 sampai pada tanggal 31 mei 2016. Sedangkan pembukaan Jambore dilakukan pada hari Senin, 30 Mei 2016.
Pembukaan jambore dihadiri juga oleh Bupati Padang Pariaman selaku Pembina, Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman, Ketua GOW Kabupaten Padang Pariaman, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Padang Pariaman serta seluruh Kepala SKPD dan Forkopimda di Kabupaten Padang Pariaman.
Pembukaan jambore diawali dengan penilaian langsung penampilan seni khas dari masing-masing kontingen PKK tersebut. Dilanjutkan dengan pemukulan gong sebagai tanda resmi dibukanya jambore PKK Kab. Padang Pariaman Tahun 2016 oleh Anita Ali Asmar.
Bupati Ali Mukhni menegaskan bahwa kreatfitas para anggota PKK saat ini sangat penting.
"Selaku pimpinan daerah, kami sangat berharap kegiatan-kegiatam PKK dapat berlangsung secara berkelanjutan dan penuh kreatifitas adalah kunci untuk membangun," kata Ali Mukhni ketika memberikan sambutan.
Lewat ajang jambore ini, Bupati juga berharap prestasi kader PKK Padang Pariaman juga ditingkatkan baik di level kabupaten bahnkan hingga ke nasional.
"PKK juga merupakan salah satu ujung tombak prestasi kita. Keberhasilan PKK dalam meraih prestasi, menggambarkan keberhasilan kita bersama dalam meningkatkan peran wanita," sebutnya.
Pada kesempatan menyampaikan sambutan, Ketua TP-PKK Kabupaten Padang Pariaman Rena Sofia Ali Mukhni, mengucapkan terima kasih kepada para kader dari seluruh kecamatan di Kabupaten Padang Pariaman atas partisipasi dan antusiasnya dalam mengikuti acara Jambore.
"Walaupun sempat dihalangi cuaca buruk di hari pertama, namun hari ini semua tetap siap untuk melanjutkan kegiatan Jambore, tetap dengan stand yang rapi dan bersih serta tertata dari setiap kontingen PKK," pujinya disambut riuh tepuk tangan peserta Jambore dan undangan.
Ibu tiga anak ini mengapresiasi peserta Jambore. Ia menyemangati para kader dengan mengatakan bahwa perempuan harus bisa dalam berbagai aspek terutama dalam mendidik anaknya sehingga menghasilkan anak-anak yang cerdas dan berakhlak, harus mampu mengayomi keluarga dari penyakit masyarakat yang banyak beredar sekarang terutama kepada anak dapat dikurangi dan dihindari.
"Kegiatan ini sangat berguna dalam pelaksanaan pembangunan daerah. Sebagaimana kita ketahui, melalui motto PKK yaitu menerapkan pola asuh dengan penuh kasih sayang dan pendidikan berkarakter mampu menciptakan SDM yang berkualitas," jelas Sarjana Pendidikan ini.
Menurutnya pendidikan sebagian besar berasal dari ibu yang dengan cerdasnya mendidikan anak-anaknya sehingga menjadi anak-anak yang berkualitas.
"sungguh hebat perempuan, selain ia memperjuangkan kariernya dalam bekerja, ia tidak pernah lelah untuk melayani suami dan anak-anaknya di rumah," ujarnya.
Untuk itu, di akhir penyampaiannya, ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan mencapai tujuan dari kegiatan ini serta memberikan manfaat dalam kehidupan bermasyarakat.
(Dilaporkan oleh Lucy, TKIP Ajudan Ketua TP-PKK).

Komentar