Bupati Ali Mukni: "Selamat Jalan, Jaga Kesehatan, Pulang dengan Haji Yang Mabrur"

Nan Sabaris (27/08/2015). Bupati Padang Pariaman, H. Ali Mukhni meminta jemaah haji perbanyak kosumsi air putih dan buah. Kosumsi air dan buah akan dilakukan untuk menjaga kebugaran dan ion tubuh karena cuaca panas yang ekstrim di kota Mekkah. Ali Mukhni mengingatkan hal tersebut pada saat melepas secara resmi Jemaah Haji Kloter 6 di Masjid Jihad, Pauh Kambar, Kecamatan Nan Sabaris, Kamis (27/8).


Selain kosumsi buah dan air putih yang cukup, jemaah juga diminta untuk mengkosumsi dengan suplemen atau obat herbal untuk menopang kebugaran tubuh para jemaah saat melaksanaan ibadah haji.

“Berdasarkan pengamatan saya saat pelaksanaan ibadah Haji 2007 silam, makanan yang kita mempengaruhi kebugaran tubuh, banyak kosumsi air putih dan buah akan menjaga tubuh tetap fit dan segar, jika ada kosumsi juga obat herbal,” papar Ali Mukhni.

Ia berharap, suhu panas ekstrim yang terjadi di Mekkah tidak menganggu antuisas dan kekhusu’an jemaah melaksanakan rangkaian ibadah haji dan ibadah wajib lainnya. Fokus pada rangkaian ibadah dan peningkatan ibadah mampu menjadikan jemaah asal Padang Pariaman menjadi haji yang mabrur.

“Cuaca ektrim jangan sampai ganggu kekhusu’an jemaah untuk melaksanakan rangkaian ibadah haji, ibadah wajib dikerjakan, ibadah sunnah terus ditingkatkan, fokuskan dan habiskan waktu disana dengan ibadah, jangan untuk lain-lain,” pesannya singkat.

Sementara salah seorang calon jemaah haji asal Padang Olo, Sungai Geringging, Zainal Abidin Datuak Rajo Alam, tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya. Impian melengkapi rukun Islam yang ke enam sebentar lagi akan ditunaikannya.

Terdapat 153 orang jemaah haji asal kabupaten Padangpariaman yang masuk dalam kloter 6 Sumatera Barat. Jemaah haji rencananya akan berangkat dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) ke kota Madinah pada Sabtu (29/8) mendatang setelah menginap semalam di embarkasi haji Tabing, kota Padang.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakamenag) Padang Pariaman, Masri Can mengatakan cuaca ekstrim yang terjadi tidak akan mempengaruhi kekhusukan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji. Pelaksanaan rukun Islam yang terakhir ini, diyakini mampu mengalahkan cobaan suhu panas nantinya. Selain itu dirinya memastikan kondisi jemaah sehat dan siap diberangkatkan dan mengikuti rangkaian ibadah haji.

“Saya yakin, jemaah kita mampu lewati kendala suhu panas ini, tujuan kesana untuk ibadah, insyallah semuannya (jemaah), mampu jadi haji yang mabrur,” ujarnya.

Terkait dengan kesiapan keberangkatan jemaah haji, Masri Can memastikan kelengkapan visa jemaah asal Padang Pariaman lengkap dan tidak ada jemaah yang gagal berangkat karena terkendala administrasi.

“Persoalan administrasi aman, visa dan kelengkapan lain sudah lengkap, tinggal keberangkatan dan kesiapan jemaah melaksanakan rangkaian ibadah haji disana,” ulasnya mengakhiri.

Komentar