Sholat Idul Adha di Kantor Bupati Padang Pariaman Berlangsung Khidmat

Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni menyampaikan pidato pada peringatan Hari Raya Adha kepada jamaah dan perantau di Halaman Kantor Bupati, Parit malintang, Kamis (24/9)
Parit Malintang (24/09/2015). Ribuan masyarakat dan perantau beserta jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman laksanakan ibadah sholat idul adha 1426 H di Halaman Kantor Bupati di Parit Malintang, Kec. Enam Lingkung, Kamis (24/9). Adapun yang bertindak selaku khatib adalah Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kab. Padang Pariaman DR. Zainal Tk Mudo, S.Ag, M.Ag dan dihadiri oleh Bupati Ali Mukhni, Wabup Damsuar, Sekja Jonpriadi, Kakemenag Masrican, Unsur Forkopinda, Kepala SKPD, Camat, Wali Nagari dan staf pada pemerintah daerah setempat.
"Hari Raya Idul Adha merupakan hari raya istimewa karena dilaksanakannya dua ibadah agung yaitu Ibadah Haji dan Ibadah Qurban," kata Bupati Ali Mukhni mengawali sambutannya.

Dikatakannya bahwa kedua ibadah itu disebut oleh AL Quran sebagai salah satu dari syiar-syiar Allah SWT yang harus dihormati dan diangungkan oleh hamba-hambanya.

Bupati yang dikenal religius itu mengatakan bahwa idul adha banyak mengandung hikmah bagi kehidupan sekarang dan masa depan. Salah satunya adalah aspek kesepakatan antara Nabi Ibrahim dan anaknya Ismail. Dimana Nabi Ibrahim atas perintah Allah  untuk menyembelih anaknya dan Ismail ikhlas mengikuti ayahnya untuk disembelih. Artinya sikap rela berkorban dan sikap ikhlas dalam diri harus ditanamkan dalam sanubari.

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan jamaah haji Indonesia dan khususnya 155 jamaah haji dari Kabupaten Padang Pariaman dapat kembali ke tanah air dengan selamat dan menjadi haji yang mabrur.

"Alhamdulillah, menurut informasi kementerian agama, jamaah haji kita dari Kabupaten Padang Pariaman sebanyak 155 orang ada dalam keadaaan sehat walafiat," kata peraih Satya Lencana Pembangunan Tahun 2015 itu.
Bupati Ali Mukhni didampingi Wabup Damsuar bersalaman dengan jamaah usai sholah idul adha di Halaman Kantor Bupati, Parit malintang, Kamis (24/9)
Semangat Idul Adha, tambah Ali Mukhni, juga telah tertanam pada masyarakat Padang Pariaman. Tampak nyata bahwa telah banyak bentuk pengorbanan masyarakat dalm mendukung pembangunan selama lima tahun terakhir. Diantaranya mulai dari pemindahan Ibukota ke Parit Malintang, Pembangunan infrastruktur, pendidikan, kesehatan dan pelaksanaan beberapa mega proyek nasional.

"Pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengorbankan tanah atau lahannya dalam pemangunan. Artinya masyarakat turut berperan aktif untuk kemajuan dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di segala bidang" kata Bupati yang juga dijuluki Bapak Pembangunan.

Sementara itu Khatib DR. Zainal Tk Mudo mengatakan bahwa Ibadah qurban adalah salah satu ibadah yang menyempurnakan nilai kemanusiaan diantaranya Qurban mengembalikan umat menjdai Hamba yang bertauhid, Qurban meningkatkan kebersamaan dengan penuh keindahan dan penuh berkah serta Qurban mengantarkan umat pada haikkat dirinya.

"Ibadah Qurban yang dilakukan umat muslim merupakan wujud kedekatan seorang hamba dengan Sang Khalik," kata Putra Lubuk Alung itu.

Komentar