Bupati Rosnini Savitri Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2015

Bupati Rosnini Savitri adakan tabur bunga dalam rangka memperingati Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan, Rawang, Pariaman, Selasa (10/11).
Parit Malintang (10/11/2015). Upacara memperingati Hari Pahlawan berlangsung khidmat yang diikuti oleh seluruh aparatur, TNI dan Polri di wilayah kerja Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman. Bupati Rosnini Savitri bertindak sebagai Inspektur Upacara di halaman Kantor Bupati, Parit Malintang. Tampak hadir Ketua DPRD Faisal Arifin beserta anggota, Kapolres AKBP Rudi Yulianto, S.Ik, Forkopimda, Sekda Jonpriadi beserta Kepala SKPD dan pejabat struktural setempat.

Pada kesempatan itu Bupati Rosnini Savitri membacakan amanat Menteri Sosial Kofifah Indar Parawansa yang mengatakan Peringatan Hari Pahlawan tahun 2015 ini mengambil tema "Semangat Kepahlawanan Adalah Jiwa Ragaku”. Adapun maknanya adalah untuk menginternalisasi jiwa semua anak bangsa, agar nilai kepahlawanan terpatri dan merasuk ke dalam sanubari yang paling dalam, untuk meneladani sifat-sifat kepahlawanan yaitu rela berkorban, tanpa pamrih, bekerja keras, jujur, berani demi kebenaran serta patriotik.

Selanjutnya Peringatan Hari Pahlawan dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan, dan keteguhan untuk menggapai harapan masa depan, dengan terus bekerja dan bekerja dalam rangka mewujudkan masyarakat adil dan sejahtera sebagai cita-cita perjuangan bangsa yang termuat dalam sila kelima Pancasila yang berbunyi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia, juga sebagai momentum dalam rangka menumbuhkembangkan nilai-nilai persatuan, kepahlawanan, keperintisan, dan kesetiakawanan sosial.

“Nilai kepahlawanan sejatinya tidak akan pernah usang atau lekang dimakan zaman karena pada setiap waktu dapat diimplementasikan dan direvitalisasi dari generasi ke generasi sepanjang masa sesuai perkembangan jaman” ujarnya.
Bupati Rosnini Savitri, Kapolres AKBP Roedy Yoelianto, Ketua DPRD Faisal Arifin  bersama Veteran usai tabur bunga di di Taman Makam Pahlawan, Rawang, Pariaman, Selasa (10/11).

Dikatakannya bahwa saat ini bangsa Indonesia masih menghadapi tantangan persatuan, keutuhan dan, produktifitas bangsa. Mulai dari terjadinya konflik intoleransi antar umat beragama, berkembangnya faham radikalisme, tawuran antar kampung maupun antar pelajar, maraknya penyalahgunaan narkoba, kekerasan terhadap anak dan perempuan dan sebagainya.

Ia mengajak menjadikan peringatan hari pahlawan sebagai momentum untuk membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi negara maju dan bermartabat.

Tabur Bunga
Usai upacara peringatan hari pahlawan dilanjutkan dengan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, Rawang Pariaman. Diawali dengan Bupati Rosnini dan selanjutnya diikuti oleh Kapolres Padang Pariaman AKBP Rudy Yulianto, Kapolres Pariaman AKBP Rico Junaldi, Kodim 0308, Kejari dan sejumlah veteran.

Komentar