Peserta Program Pendidikan Singkat Lemhanas Kunjungi Padang Pariaman

Bupati Ali Mukhni (tengah) didampingi Deputi Bidang Pendidikan RI Mayjen TNI Nasir Majid (kanan) dan Irjen Pol. MW Damanik (kiri) menjawab pertanyaan yang disampaikan peserta PPSA XX Lemhanas RI di Aula Kantor Bupati, Parit malintang, Senin (31/8)
Parit Malintang (31/08/2015). Peserta dan rombongan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) XX Lembaga Ketahanan pangan (Lemhanas) takjub dengan keindahan kantor Bupati Padang Pariaman yang terletak di Pasa Dama Nagari Parit Malintang. Begitulah kesan pertama yang dirasakan para peserta PPSA saat mengunjungi kantor yang memiliki kebun binatang mini dan area refleksi itu, Senin (31/8).


"Kantornya sangat indah, banyak pepohonan serta dilengkapi kebun binatang mini dan refleksi area," kata Deputi Bidang Pendidikan RI Mayjen TNI Nasir Majid.

Selaku putra daerah, Jenderal bintang dua itu mengaku bangga dengan berdirinya kantor pemerintahan yang terletak di Jalan Lingkar Duku-Sicincin sebagai salah satu bangunan kebanggaan masyarakat Padang Pariaman.

"Rumah saya hanya berjarak tiga kilometer dari kantor Bupati yang indah ini," ujar putra Sicincin, Kec. 2x11 Enam Lingkung itu.

Selanjutnya ia menjelaskan bahwa kedatangan peserta dan rombongan yang berjumlah 27 orang ini, bertujuan untuk bersilaturahim sekaligus sharing informasi terkait hubungan pemerintah pusat dan daerah. dalam dialog tersebut mengemuka topik terkait masalah pembangunan infrastruktur, pertanian, pendidikan, pariwisata, perindustrian dan lain sebagainya.

"Kita bisa diskusi terkait program nasional yang telah dicanangkan oleh pemerintah," kata Pembina PKDP Pusat itu.

Ditambahkannya bahwa kondisi Padang Pariaman saat ini jauh lebih baik pasca gempa 2009 yang lalu. Ia tak menyangka pembangunan begitu pesat sehingga menjadi daerah tertingg di Sumatera Barat dimana pertumbuhan ekonominya dari 3,04% pada tahun 2009 menjadi 7,12% pada tahun 2014.

Ini berarti peminpin daerah, lanjutnya,  telah bekerja sungguh-sungguh dan menjaga hubungan yang baik antara stakeholders baik pusat maupun di daerah. Apalagi Bupati Ali Mukhni merupakan jebolan Lemhanas Angkatan V tahun 2012 yang lalu, katanya lagi turut bangga.

"Kita bangga salah seorang alumni Lemhanas berhasil dalam membangun daerahnya. Bapak Ali Mukhni telah mengaplikasi ilmu yang diraih selama pendidikan tiga tahun yang lalu," kata Jenderal bintang dua itu.

Pada kesempatan itu Bupati Ali Mukhni mengucapan terima kasih kepada Pimpinan Lemhanas RI yang telah memilih Kabupaten Padang Pariaman sebagai lokus penelitian dalam PPSA XX.

"Sebelumnya terlebih dahulu kami pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang dan terima kasih karena telah memilih memilih Padang Pariaman sebagai lokasi lokus poenleitian. Kami merasa tersanjung dan bersyukur kehadirat Allah SWT," kata Peraih Satya lencana Pembangunan tahun 2015 itu

Ia memaparkan dalam pembangunan selama lima tahun terakhir kepemimpinannya bersama Wabup Damsuar telah banyak melakukan terobosan dalam pelayanan publik dan pembangunan infrastruktur monumental yang bernilai trilyunan rupiah. Diantaranya pembangunan Asrama Haji, BP2IP, Stadion Utama, Pelabuhan, Jalan lingkar duku sicincin, Kota Industri terpadu. Untuk pelayanan publik juga melakukan terobosan dalam pelayanan administrasi kependudukan dan capil, Program Padang Pariaman Sehat, gotong royong, wirid dan Badan Amal Zakat.

"Kunci suksesnya dalam membangun Padang Pariaman adalah kebersamaan antara ranah dan rantau serta bersinergi dengan Pemerintah Propinsi dan Pusat," kata Bupati mengawali.

Ia mengakui ketika dilantik pada tanggal 25 Oktober 2010 lalu, dihadapkan dengan permaslahan yang kompleks dimana tidak hanya rumah penduduk, sarana dan prasanana yang hancur tapi tingkat perekonomian masyarakat juga turut memprihatinkan. Namun dengan tekad yang kuat dan ridho Allah, Ia bekerja siang dan malam, manfaatkan perantau dan menjalin hubungan dengan Menteri, DPR RI serta pihat terkait.

"Pasca gempa 2009 itu, kita langsung buta program yang dinamakan Padang Pariaman Bangkit. Alhamdulillah, berkat kebersamaan, kita berhasil dengan cepat," kata Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Ia sepakat dengan yang disampikan oleh Deputi Bidang Pendidikan RI Mayjen TNI Nasir Majid, bahwa ilmu yang diperoleh selama menempuh pendididkan di Lemhanas, sangat bermanfaat dalam menjalankan roda pemerintahan. Ali Mukhni berharap Program Studi Singkat yang dilaksanakan oleh Lemhanas itu dapat terus dipertahankan agar peserta dapat berbagi informasi untuk membangun bangsa indonesia yang lebih baik lagi ke depan.

Sementara itu Pimpinan rombongan PPSA XX tahun 2015 dalam rangka SSDN Lemhanas, Irjen Pol. MW Damanik menyebutkan bahwa peserta ada yang berasal dari TNI, Polri, Partai Politik, Lembaga Masyarakat.

"Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati atas persentasi dan dialog yang sangat inspiratif. Semoga Padang Pariaman ke depan lebih maju lagi," kata Jenderal bintang dua itu menutup pertemuan.

Komentar