Wisuda TPA-TPSA Nurul Ilmi Kalawi Kuranji Hulu Dihadiri Bupati Ali Mukhni

Bupati Ali Mukhni didampingi Wali Nagari Kuranji Hulu Terpilih Maswardi bersama anak-anak usai acara  wisuda Iqra sekaligus wirid pengajian di TPA-TPSA Nurul Ilmi Kalawi Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging., Sabtu (13/6)
Sungai Geringging (13/06/2015). Bupati Ali Mukhni mengatakan bulan suci Ramadhan sebagai momentum meningkatkan ibadah bagi anak-anak. Dicontohkanya bahwa apabila pada tahun sebelumnya, anak-anak menjalankan puasa  hanya 10 hari, maka pada tahun ini bisa meningkat. Ditambah dengan membaca Al Quran, berinfak, berzakat dan ibadah lainnya.


Hal tesebut ia sampaikan pada acara wisuda Iqra sekaligus wirid pengajian di TPA-TPSA Nurul Ilmi Kalawi Nagari Kuranji Hulu Kecamatan Sungai Geringging., Sabtu (13/6).

"Bersyukur kepada Allah SWT, sebentar lagi kita memasuki bulan suci ramadhan, Bulan yang penuh Rahmat, Berkah dan Maghirah. Mari kita jadikan momentum bulan Ramadhan untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Sang Pencipta, khususnya untuk anak-anak kita semua," kata Bupati yang terkenal religius dan merakyat itu.

Ditambahkannya bahwa banyak sekali manfaat yang dirasakan bagi anak-anak pada bulan suci Ramadhan diantaranya bahwa menjalankan ibadah puasa pada anak dapat membentuk karakter anak tersebut. Puasa melatih anak mengatur emosi. Anak-anak juga belajar mengendalikan diri dan kemauan karena harus menahan haus dan lapar dari subuh hingga magrib.

Ali Mukhni menyampaikan bahwa pada bulan puasa membuat anak lebih kreatif. Anak-anak terkondisi mencari cara untuk mengisi waktu dan mengalihkan rasa lapar ke kegiatan lain. Para orang tua juga  bisa menyelipkan makna berpuasa pada anak untuk  berempati pada fakir miskin yang tidak setiap hari bisa makan.

Ia juga mengajak orangtua juga bisa melatih anak beribadah lain, seperti salat berjamaah, mengaji bersama, dan hafalan doa selama bulan ramadhan.

"Banyak sekali makna bulan suci ramadhan yang dapat kita tanamkan kepada anak-anak. Kita harap generasi ke depan adalah generasi yang berilmu pengetahuan dan memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT," kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran itu.

Sementara itu Wali Nagari Kuranji Hulu terpilih Maswardi mengucapkan terima kasih atas kehadiran Bupati Ali Mukhni sekaligus memberikan tausyiah yang memotivasi para orang tua untuk meningkatkan kuaitas ibadah kepada anak-anak mereka pada Bulan suci ramadhan.

"Alhamdulillah, di tengah kesibukannya, bapak Bupati hadiri acara Wisuda Iqra bersama para orang tua dan masyarakat. Tausyiahnya juga sangat menyentuh dan memotivasi orang tua murid," ujar mantan Wali Korong Tanjung Alai itu.

Komentar