Bupati Hadiri Lomba Malamang di Batang Anai

Bupati Ali Mukhni didampingi Prof. DR. Isril Berd, Rektor Karimun Dr. Elvis saat menyerahkan hadiah kepada Pemenang Festival Malamang di Korong Chaniago, Nagari Kasang, Kec. Batang Anai, Rabu (10/6).
Batang Anai (10/06/2015). Segenap masyarakat Kasang Dalam membulatkan tekad untuk mendukung Bupati Ali Mukhni untuk melanjutkan kepeimpinannya untuk periode kedua 2015-2020. Masyarakat menilai Ali Mukhni sukses membawa perubahan dalam pembangunan pasca gempa 2009 yang lalu. Adapun pertumbuhan ekonomi melejit dari 3,04% pada tahun 2010 menjadi 7,12% menurut data Badan Pusat Statistik (BPS). Hal itu didorong berkat kepiawaian Bupati Ali Mukhni dalam menggaet dana pusat untuk pembangunan mega protek trilyunn rupiah yang terletak di Kab. Padang Pariaman.


Hal tersebut disampaikan tokoh masyarakat setempat Prof. Dr. Isril Berd ketika menghadiri Festival Malamang di Korong Chaniago, Nagari Kasang, Kec. Batang Anai, Rabu (10/6). Acara tersebut juga dihadiri tokoh perantau sekaligus putra daerah Kasang yaitu Rektor Universitas Karimun Dr. Elvis dan seluruh masyarakat di Nagari Kasang.

"Padang Pariaman saat ini sudah hebat.  Didukung dengan keberadaan Bandara, kini telah dimulai pula pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center bertaraf Internasional yang salah satu termegah di Indonesia. Juga ada Pembangunan Sekolah Pelayaran, Sekolah MAN Insan Cendikia, Pembangunan Jalan Lingkar Duku-Sicincin, Pembangunan Main Stadion dan masih banyak lagi. Ini bukti Bukti Bupati Ali Mukhni bekerja sungguh-sungguh untuk kesejahteraan masyarakat Padang Pariaman. Mari kita dukung beliau sebagai Bupati untuk periode kedua," kata Mantan Calon Wakil Bupati Periode 2005-2010 itu.

Ditambahkannya bahwa putra putri dari Nagari Kasang saat ini banyak menduduki posisi strategis dalam jajaran pemerintahan. Seperti adanya Jenderal Bintang Tiga yang masih aktif sampai saat ini yaitu Letjen TNI Syafril Mahyuddin. Ada juga yang menjadi Rektor, Legisatif, jajran pemerintahan dan masih banyak lagi.

"Kita ketahui bersama saat ini ada putra daerah Kasang dalam juga memegang posisi strategis di jajaran struktural kabinet Ali Mukhni yaitu Camat Batang Anai, Camat Lubuk Alung dan Camat Ulakan Tapakis. Artinya Bupati Ali Mukhni sangat peduli dengan potensi anak nagari Kasang Dalam," kata akademisi pada Universitas Andalas itu.

Sementara itu Bupati Ali Mukhni meminta dinas terkait untuk mengagendakan secara rutin kegiatan festival malamang di tempat yang  berbeda-beda setiap kali penyeleggaraannya. Ia menilai kegiatan lomba malamang ini sangat positif untuk melestarikan budaya dan mendidik generasi muda dalam mencintai makanan buatan negeri sendiri yang lezat dan sehat.

"Salah satu tujuan adanya Festival Malamang adalah merajut tali silaturahim antara ranah dan rantau. Juga wadah untuk saling berbagi informasi dalam program pembangunan dan kemasyarakatan di Padang Pariaman," kata alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Menanggapi dukungan masyakat Kasang tersebut Bupati Ali Mukhni mengatakan bahwa pembangunan Padang Pariaman bisa terwujud berkat adanya doa dan dukungan seluruh masyarakat. Ia mengakui sering melibatkan perantau, akademisi, ninik mamak, alim ulama, cadiak pandai, bundo kandung serta generasi muda dalam perencanaan program pembangunan Padang Pariaman.

"Prof Isril Berd adalah guru ambo. Beliau sering memberikan masukan dan saran dalam membangun Padang Pariaman untuk kesejahteraan umat. Ke depan tantangan semakin berat, kita ingin seluruh masyarakat ranah dan rantau sa ciok bak ayam sadanciang bak basi untuk mewujudkan Padang Pariaman sebagai Kota Metropolitan sesuai RPJMN 2014-2019," kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.



1.

Komentar