Peletakan Batu Pertama Asrama Haji dan Islamic Centre di Padang Pariaman

Batang Anai (11/05/2015). Akhirnya, setelah penantian panjang masyarakat Padang Pariaman, Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin melakukan peletakan batu pertama di atas tanah Nagari Sungai Buluah, Kecamatan Batang, Kabupaten Padang Pariaman sebagai tanda dimulainya pembangunan Asrama Haji dan Islamic Center Provinsi Sumbar bertaraf internasional, Senin (11/5).


Disaksikan oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar H. Salman, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, Wakil Walikota Padang Emzalmi, tokoh masyarakat Sumbar dan Padang Pariaman dan undangan lainnya, peletakan batu pertama berlangsung sederhana namun khidmat.

Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutan resminya mengatakan bahwa fungsi dan manfaat asrama haji saat ini semakin besar. Sebagai embarkasi, selain berfungsi untuk transit penginapan, asrama haji juga menjadi tempat untuk mengurus banyak hal terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji, seperti manasik dan lain sebagainya.mengatakan fungsi dan manfaat asrama haji saat ini semakin besar. Sebagai embarkasi, selain berfungsi untuk transit penginapan, asrama haji juga menjadi tempat untuk mengurus banyak hal terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji, seperti manasik dan lain sebagainya.

“Asrama haji menjadi embarkasi, tempat mempersiapkan segala sesuatu terkait urusan perjalanan haji,” ucap  Lukman Hakim Saifuddin pada  saat peletakan batu pertama Asrama Haji  dan Islamic Centre bertaraf Internasional, Senin (11/5)  di Nagari Sungai Buluh, Kec. Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Disebutkannya, aspek pembangunan asrama haji yang bagus, megah  dan didukung fasilitas yang baik sangat diperlukan bagi kenyamanan jamaah dalam beribadah. Begitu juga dengan aparaturnya nanti  harus yang betul-betul punya SDM  yang bagus. Yang lebih penting lagi adalah bagaimana asrama haji ini kedepannya jangan sampai tidak  dirawat dan tidak diperhatikan sebagaimana mestinya.

sementara itu Gubernur sumbar Irwan Prayitno mengatakan, pembangunan Asrama Haji  dan Islamic Centre bertaraf Internasional ini sangat besar sekali artinya bagi keberlangsungan daerah ini. Pemprov Sumbar sangat mengapresiasi dan mendukung penuh agar pembangunan  asrama haji dan Islamic Centre cepat  selesai.

"Semua ini terlaksana berkat dukungan semua pihak termasuk Bupati Padang Pariaman beserta seluruh masyarakat  yang peduli dan respect terhadap kebijakan pembangunan  di daerah ini, banyak proyek-proyek besar masuk ke Padang Pariaman dibandingkan dengan daerah lain, ini tak lepas dari kegigihan  dan keuletan Bupati dan dukungan masyarakat,"  tambah Gubernur.

Hal senada  juga dikatakan Bupati Padang Pariaman  Ali Mukhni, bahwa  masyarakat  Padang Pariaman sangat mengharapkan sekali   pembangunan asrama haji  dan Islamic Centre  ini  cepat selesai.

"Sudah  15  tahun  penantian kami  agar pembangunan  asrama haji dan Islamic Centre  ini cepat rampungnya, namun harapan itu  baru sekarang dapat  terwujud, untuk pembangunan, renovasi dan kerja-kerja  yang akan dilakukan buat asrama haji dan Islamic Centre, kami Pemkab Padang Pariaman tahun ini menganggarkan dana sebanyak  Rp 1  miliar, semoga apa  yang kita harapkan  terwujud hendaknya," ujar Ali Mukhni.    

Hadir dalam kesempatan ini Wagub Sumbar, Ketua DPRD Padang Pariaman dan anggota, SKPD di lingkungan Pemkab Padang Pariaman, Kakanwil Kemenag Sumbar  dan Kakanwil Kemenag Padang Pariaman tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat.

Komentar