Bupati Ali Mukhni Audiensi Dengan Kepala Kantor Regional XII BKN


Kepala Kanreg XII BKN Ibtri Rezeki SH MM Menerima Kunjungan Bupati Ali Mukhni Didampingi Kepala BKD Idarussalam, Kadis Pendidikan Mulyadi, Kadis Kesehatan Dr Aspinuddin, Kadispora Syafriwal dan Kabag Humas Hendra Aswara Beraudiensi Mengenai Tenaga Honorer Dan Program Peningkatan Administrasi Kepegawaian Di Ruang Kerjanya, Pekanbaru, Rabu (15/1)
Pekanbaru, Riau (15/01/2015). Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) beraudiensi dengan Kepala Kantor Regional (Kanreg) XII Badan Kepegawaian Negara (BKN) Ibtri Rezeki SH MM dalam rangka penyelesaian administrasi pemberkasan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori II. Kedatangan Bupati ini sebagai bukti keseriusan pemerintah daerah yang menjadi harapan masyarakat dan masukkan dari DPRD setempat.


Hal tersebut ia sampaikan ketika melakukan audiensi dengan Kepala Kantor Regional (Kanreg) XII Badan Kepegarawaian Negara (BKN) Ibtri Rezeki SH MM di Kota Pekanbaru, Rabu (14/1). Audiensi dimaksud untuk tindak lanjut pemberkasan Pegawai Tidak Tetap (PTT) Kategori II dan Pelayanan administrasi kepegawaian bagi Apararatus Sipil Negara (ASN).

"Alhamdulillah, kita berkesempatan bertemu langsung beraudiensi dengan Ibu Kanreg untuk konsultasi kategori II baik yang telah lulus atau yang belum dan program-program administrasi kepegawaian lainnya. Contohnya pengurusan pensiun dan Kenaikan Pangkat Istimewa bagi ASN" kata Bupati yang juga Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diwilayahnya.

Ia berharap proses pemberkasan NIP segera selesai sehingga bisa diserahkan kepada CPNS. Untuk sisa Kategori II yang belum diangkat sebagai CPNS, ia meminta kepada Pemerintah agar memberikan solusi dan kepastian sesuai dengan aturan yang berlaku. Ali Mukhni menginginkan seluruh PTT Kategori bisa diangkat menjadi CPNS karena sangat dibutuhkan oleh daerah.

Kepala Kanreg XII BKN Ibtri Rezeki SH MM Menerima Kunjungan Bupati Ali Mukhni Didampingi Kepala BKD Idarussalam dan Kadis Pendidikan Mulyadi Beraudiensi Mengenai Tenaga Honorer Dan Program Peningkatan Administrasi Kepegawaian Di Ruang Kerjanya, Pekanbaru, Rabu (15/1)
"Saya harap pemberkasan NIP akan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama. Banyak adik-adik K2 menemui saya menanyakan kapan SK nya keluar. Insya Allah, kita harap bisa terealisasi dalam waktu dekat. Dan adik-adik yang belum lulus masih menunggu kebijakan dari pemerintah pusat. Prinsipnya kita ingin " kata Bupati yang didampingi Kabag Humas Hendra Aswara.

Sementara itu Kepala Kanreg Ibtri Rejeki mengapresiasi Bupati Ali Mukhni yang pro aktif dalam pengurusan administrasi kepegawaian aparatur di wilayah kerjanya., terutama mengenai PTT Kategori II.

Ia mengakui bahwa pemberkasan PTT kategori II agak sedikit rumit dan sangat detail. Hal itu dilakukan untuk meminimalisir kemungkinan-kemungkinan adanya permasalahan yang terjadi ke depan.

"Kita apresiasi Bupati Ali Mukhni selaku Pejabat Pembina Kepegawaian yang pro aktif dalam pengurusan administrasi kepegawaian PTT Kategori II. Beberapa waktu lalu beliau juga beraudiensi dengan Kepala BKN Pusat. Sikap Pak Bupati menunjukkan kepedulian dalam menjalankan amanah" kata Perempuan jebolan Universitas Gajah Mada  Jogjakarta itu.

Untuk peningkatan pelayanan kepegawaian, Ia menyarakan agar membuat inovasi dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam percepatan pelayanan kepegawaian. Contohnya pelayanan pengurusan pensiun, kenaikan pangkat istimewa, dan lain sebagainya.

Dijelaskannya bahwa pengurusan administrasi bagi pegawai yang akan pensiun bisa dilakukan lebih cepat sehingga tidak ada pemutusan gaji ketika pensiun. Caranya adalah BKD mengeluarkan listing pegawai yang akan pensiun enam bulan sebelumnya. Kemudian bekerja sama dengan PT Taspen dalam pencairan dana peniun. Sehingga seorang pegawai ketika memasuki pensiun bisa langsung menerima gaji tanpa terputus.

"Jadi pegawai yang akan pensiun menyerahkan administrasi ke BKD. Kemudia daerah nanti bekerja sama dengan PT Taspen, sehingga ketika pensiun bisa langsung terima gaji pensiun tanpa terputus" ucap Ibtri didampingi Kabid Informasi Kepegawaian  Anna Hasnah Hasaruddin SE MM dan Kabag Umum  Watin S.IP, MM.

Pada kesempatan itu ia juga menyampaikan akan memberikan penghargaan kepada Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni atas pelaksanaan Seleksi Tes CPNS 2014 yang menggunakan Computer Assest Test (CAT). Penghargaan tersebut akan diserahkan  oleh Kepala BKN Pusat sekaligus meresmikan Gedung Arsip dan Perpustakaan pada tanggal 23 Januari 2015 mendatang di Kantor Kanreg XII Pekanbaru, Riau.

Audiensi yang berlangsung hangat itu memberikan kesan positif bagi Ibu  Kanreg dan jajarannya. Ia mendoakan Padang pariaman bisa lebih baik lagi. Ia pun berseloroh bahwa Bupati Ali Mukhni sangat mirip Wapres Jusuf Kalla, sama-sama pekerja keras dan merakyat.

"Padang pariaman bersyukur memiliki Bupati pekerja keras dalam melayani dan membangun daerah. Saya lihat Pak bupati mirip Pak Wapres wajahnya dan sama-sama tipe pekerja keras dan merakyat" kata Kakanreg yang santun dan humoris itu.

Sementara itu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Idarussalam mengatakan hasil pelaksanaan Tes CPNS bagi PTT Kategori II diikuti 1550 orang dan dinyatakan lulus seleksi sebanyak 562 orang. Ia menekankan kepada PTT  tersebut agar segera menyerahkan administrasi secara lengkap seperti adanya berkas yang belum dilegalisir yang yang berwenang.

"Sesuai arahan Pak Bupati, agar kita segera melengkapi administrasi yang ditetapkan oleh BKN. Agar bisa keluar NIP lebih cepat dan diserahkan dalam waktu yang tidak terlalu lama" kata Kepala BKD Idarusalam.

Menyikapi pengurusan administrasi kepada pegawai yang memasuki pensiun, ia berjanji akan menindaklanjuti masukkan dari BKN tersebut. Ia juga akan mengusulkan kenaikan pangkat istimewa kepada aparatur yang berinovasi dan berjasa dalam pelayanan publik. Penghargaan ini merupakan reward untuk memotivasi aparatur dalam melayani masyarakat. Seperti saat ini ada program Padang Pariaman Sehat yang digagas oleh Bupati Ali Mukhni di bidang kesehatan. Artinya jajaran dinas kesehatan bisa diberikan kenaikan pangkat istimewa sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Insya allah, BKD mendukung kebijakan program pelayanan publik yang digagas oleh Bupati. Contohnya di bidang kesehatan, telah dimulai program padang pariaman sehat. Jadi kepada aparatur di jajaran dinas kesehatan bisa kenaikan pangkat istimewa sebagai reward, baik kepada Kadis atau bidan desa" kata pria yang juga pimpinan Pondok Pesantren Nurul Yaqin itu.

Kadis Pendidikan Mulyadi juga berkonsultasi mengenai penambahan formasi untuk tenaga guru SD dan guru praktek untuk SMK. Ia khawatir dengan adanya wacana moratorium pengadaan PNS oleh pemerintah pusat akan terjadi kekosongan tenaga pendidik yang akan mengganggu proses belajar dan mengajar.

"Ibu Kanreg menyarankan agar kita menyampaikan kepada Menpan dan BKN untuk penambahan formasi Guru SD maupun guru praktek untuk SMK. Untuk guru SD kita kekurangan 1.200 orang sedangkan guru SMK butuh puluhan orang lagi. Kita benar-benar butuh penambahan guru tersebut untuk peningkatan mutu sekolah" kata Kepala Dinas yang juga seorang  Datuk itu.

Adapun audiensi ini diikuti oleh Bupati Ali Mukhni, Kepala BKD Idarussalam, Kadis Pendidikan Mulyadi, Kadis Kesehatan, Kadis Kesehatan Dr. Aspinuddin, Kadis Koperindag&ESDM Rustam dan Kabag Humas Hendra Aswara ke Kantor Regional BKN Pekanbaru, Riau.

Ket foto

1.

2.

Komentar